You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 160 PKL Ikuti Sidang Tipiring
.
photo Erna Martiyanti - Beritajakarta.id

160 PKL Langgar Trotoar Jalani Sidang Tipiring

Sebanyak 160 pedagang kaki lima (PKL) yang terjaring saat pelaksanan Bulan Tertib Trotoar telah menjalani sidang tindak pidana ringan (Tipiring).

Sudah ada 160 PKL yang ikut sidang tipiring. Mereka dibolehkan mengambil barang dagangannya setelah ikut sidang dan membayar denda

Hingga Minggu (13/8) kemarin, total PKL yamg terjaring Bulan Tertib Trotoar di lima wilayah kota tercatat mencapai 1.005 orang.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Yani Wahyu mengatakan penertiban diprioritaskan bagi PKL yang menggunakan gerobak dorong maupun tempat permanen di atas trotoar. Sebagian besar barang dagangan PKL yang terjaring, disita dan disimpan di Gudang Satpol PP di kawasan Cakung, Jakarta Timur.

Belasan Kendaraan Langgar Trotoar di Jatinegara Ditindak

"Sudah ada 160 PKL yang ikut sidang tipiring. Mereka dibolehkan mengambil barang dagangannya setelah ikut sidang dan membayar denda," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (14/8).

Menurut Yani, dalam penertiban tersebut, pihaknya sekaligus mendata PKL. Karena sebagian PKL ada yang merupakan binaan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta.

"Yang ikut tipiring bukan yang pedagang binaan. Mereka berjualan di atas trotoar dengan mendirikan bangunan permanen," ucapnya.

Yani menyebutkan, denda yang dikenakan kepada para PKL dalam sidang tipiring bervariasi antara Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta sesuai dengan tingkat kesalahannya. Sidang tipiring sendiri digelar Pengadilan Negeri di masing-masing wilayah.

"Denda dari PKL langsung masuk ke kas negara. Untuk jumlahnya kami belum tahu karena langsung ke pengadilan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1229 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1161 personTiyo Surya Sakti
  3. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1134 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1130 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1062 personNurito